18 Kasus Human Trafficking Jebak Neng Geulis Asal Sukabumi

Uncategorized

Akhir-akhir ini sepertinya kasus perdagangan manusia (human traffiking) meningkat saja.Berdasarkan fakta yang benar-benar mencengangkan terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di mana kasus perdagangan manusia mencapai 18 kasus. Data tersebut diperoleh dari Forum Wanita Sukabumi hingga November 2015.

“Kasus trafficking di Kabupaten Sukabumi masih tinggi, mayoritas korbannya adalah wanita di bawah umur yang dipekerjakan baik sebagai pembantu rumah tangga maupun menjadi wanita penghibur atau wanita pekerja seks komersial,” ungkap Ketua Forwa Sukabumi, Elis Nurbaeti di Sukabumi, Selasa (03/11/2015), seperti dilansir Antara.

Menurutnya, kasus perdagangan manusia yang ditanganinya ini, hampir seluruh korbannya berasal dari kalangan menengah ke bawah atau warga miskin dan rawan miskin. Tingginya angka kasus ini, juga berkaitan dengan kebiasaan warga yang konsumtif sehingga mudah tergoda oleh oknum yang mengiming-imingi gaji besar.

Lebih lanjut, bahkan belum lama ini Senin, (02/11/2015), pihaknya baru menerima laporan kasus dugaan perdagangan manusia yang menimpa seorang wanita yang berusia 14 tahun warga Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

“Untuk saat ini korban sudah pulang ke Sukabumi dan tengah mendapatkan penanganan medis di rumah sakit dan dalam waktu dekat kami akan melakukan penelusuran terkait kasus tersebut hingga ke tempat tinggal korban,”seebutnya.

Dia mengatakan selama ini para korban perdagangan manusia biasanya dikirim ke beberapa daerah di Indonesia seperti Batam, Kepulauan Riau (Kepri), bahkan ada juga yang dikirim ke Malaysia hingga ke Arab Saudi dengan modus pengiriman tenaga kerja wanita (TKW).

Di sisi lain, dalam penanganan korban perdagangan manusia ini Forwa juga mendapatkan dukungan penuh dari pemda setempat, mulai dari pencarian, penjemputan hingga pendampingan terhadap korban. Selain memberikan pertolongan, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada warga yang dinilai rawan untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya percobaan perdagangan manusia

 

sumber:http://topinformasi.com/?p=26445

Dadan started to venture into computer programming in 2008. Back then, he coded in Delphi and built several desktop-based applications including GIS-based apps. In 2011, he started to learn PHP and dived into the world of blogging and WordPress. Being a creative and innovative person is his personal motto.

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *