Kembali Gagalkan Trafficking

Uncategorized

SATGAS Yonif 143/TWEJ Pos Kout Kodam XII Tanjungpura, kembali berhasil menggagalkan pengimiran Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal, melalui jalan lintas Balai Karangan – Pontianak. Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Desius, menuturkan, kronologis penggagalan pengiriman TKI ilegal tersebut. Diceritakan pada pada Jumat (3/1) lalu, sekitar pukul 05.00 WIB, Satgas Yonif 143/TWEJ Pos Kout dipimpin Sertu Ahmad Solekhudin, melaksanakan pemeriksaan rutin di jalan lintas Balai Karangan – Pontianak, yang lokasinya di depan Pos Kout Yonif 143/TWEJ.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, lanjut dia, Satgas mendapatkan dua unit mobil Innova hitam dengan nomor polisi DD 1134 HF, yang dikemudikan Ha (33), warga Gang H Mursyid, Pontianak Selatan, Pontianak. “Ha, dia membawa satu orang penumpang dengan mobil Innova dengan nopol KB 1771 SD, yang dikemudikan berinisial Ra (28) alamat Kampung Parigi Kelurahan Batu Cinde Kecamatan Bissapu Bantaeng, dengan membawa penumpang sebanyak enam orang, yang diduga akan menjadi TKI yang tidak dilengkapi surat dan dokumen resmi,” jelasnya, Senin (6/1).

Enam orang yang diduga akan dijadikan TKI ilegal, lanjutnya, sebelum diserahkan kepada pihak kepolisian, terlebih dahulu ditahan  di Staf Intel Satgas Yonif 143/TWEJ, untuk diperiksa. “Mereka tidak memiliki dokumen yang lengkap untuk menjadi TKI, dan terindikasi korban tindak pidana trafficking,” ungkapnya. Untuk proses hukum lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya telah menyerahkan barang bukti trafficking, yakni barang bukti dua unit mobil Innova dan enam orang yang berasal dari Pulau Jawa, kepada pihak kepolisian, yang diterima langsung Bripka Irawan, anggota Polsek Beduai wilayah Polres Sanggau. “Keenam orang itu diduga akan dipekerjakan di negara tetangga, namun tidak membawa surat-surat yang sebagaimana mestinya,” terangnya. (adg)

sumber : www.pontianakpost.com

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *