Memperingati Hari Ibu, Netty Ajak Cegah Kekerasan

Uncategorized
img_8235

Peringatan Hari Ibu (PHI) diperingati setiap tanggal 22 Desember. Tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan tema “Kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”

Bertepatan dengan PHI ke-88 tahun 2016 ketua P2TP2A Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan, berbincang dalam Fokus Kita TVRI Jawa Barat sebagai Narasumber dengan tema “Peran Ibu dalam Mencegah Segala Bentuk Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak”. Di awal, Netty menyebutkan empat jenis kekerasan berdasarkan UU PKDRT dan UU Perlindungan Anak yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran.

Berdasarkan data yang masuk ke P2TP2A Jawa Barat, laporan kekerasan seksual merupakan kasus tertinggi kekerasan yang ada. Angka kekerasan seksual mencapai 60% dari total angka kekerasan yang masuk ke P2TP2A Jawa Barat. Angka yang didapatkan ini disadari hanyalah sedikit dibandingkan kekerasan yang terjadi.

Menjawab tingginya kasus kekerasan di masyarakat, P2TP2A Jawa Barat menangani kasus yang masuk dengan memberikan advokasi dan layanan kesehatan bagi korban kekerasan. Di samping itu, P2TP2A juga fokus menghadirkan berbagai upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan adalah pencerdasan terhadap masyarakat untuk menghadirkan kesadaran dan pengetahuan mengenai kekerasan, khususnya bagi orang tua.

Begitu juga untuk anak berkebutuhan khusus, P2TP2A Jawa Barat berkomitmen menghapuskan kekerasan pada anak berkebutuhan khusus. Hal ini diwujudkan dengan memberikan edukasi mengenai kekerasan pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dan
PPDI Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI). Edukasi yang diberikan berbentuk sosialisasi dan simulasi penanggulangan kekerasan.

Terakhir, Netty menjelaskan jika mengetahui terjadinya kekerasan dapat langsung melapor ke aparat terdekat (kepala desa/kelurahan) atau menghubungi hotline P2TP2A Jawa Barat di 0-800-1000-400.

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *