Netty Ajak Seluruh Masyarakat Bangun Kesadaran Penanggulangan Kekerasan

Uncategorized

Ketua P2TP2A Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan menjelaskan penanggulangan tindak kekerasan membutuhkan kesadaran masyarakat. Hal ini dijelaskan Netty pada acara Gubernur Ngamumule Lembur (GNL) ke-5 dengan Tema “Penanggulangan Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak” di Pendopo Kab. Indramayu, Kamis (6/10).

Ada empat tema yang diangkat, yaitu pola asuh, komunikasi orang tua dan anak, kemajuan teknologi dan penerimaan informasi melalui media, dan pertumbuhan reproduksi anak. Setiap tema ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan kekerasan.

Netty menjelaskan, orang tua harus memahami secara utuh pola asuh yang baik. Selain itu, orang tua harus mampu membangun pola komunikasi berkelanjutan dengan anak. Kemajuan teknologi dan penerimaan informasi melalui media kepada anak juga harus terus dipantau orang tua. Terakhir Netty menjelaskan orang tua harus mampu menjelaskan dan menyadari setiap pertumbuhan reproduksi anak.

Selain empat tema di atas, Netty juga mengajak kepala desa untuk meningkatkan sensitivitas dalam penanganan kasus. Netty berharap setiap ada kasus, kepala desa memahami proses dan cara pelaporan yang tepat. Pelibatan komponen masyarakat juga terus didorong untuk membangun kesadaran bersama.

Setiap kasus yang masuk ke P2TP2A Jawa Barat dilakukan prndampingan terhadap korban melalui psikolog dan relawan. Korban akan menerima pelayanan medis, psikologis, pendampingan hukum, dan rehabilitasi sosial. Rehabilitasi sosial yang didorong adalah meningkatkan pemberdayaan ekonomi para korban.

“Tentu kita sadari pemberdayaan ekonomi ini berat. Namun kita semua harus terus berupaya agar korban berdaya khususnya secara ekonomi. Kita bersama mendorong hadirnya sekolah pemberdayaan ekonomi yang tepat sasaran” tutup Netty.

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *