Netty: Cegah Dampak Tayangan Kekerasan Media Terhadap Anak

Uncategorized
gambar_20095

BANDUNG-Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Prasetyani Heryawan menegaskan, orang tua perannya sangat penting dalam melindungi anak dari dampak tayangan yang mengandung unsur kekerasan di media. Hal itu diungkapkan Netty dalam diskusi tentang perlindungan anak dari dampak tayangan yang mengandung unsur kekerasan di media, di Diskominfo Jabar melalui Video Conference bersama 4 BKPP (Bogor, Purwakarta, Cirebon, dan Priangan) di Jawa Barat, Senin (21/11).

“Karena orang tua adalah orang terdekat dengan anak, maka perannya sangat penting untuk mencegah dampak itu. Salah satu upayanya adalah dengan membuat semacam regulasi di rumah, seperti menentukan aturan jam nonton TV dan memberikan edukasi terhadap tayangan yang ditonton” katanya.

Menurut Netty regulasi apapun yang dibuat pemerintah akan sia-sia dan tak berdampak, jika orang tua abai terhadap dampak itu.

“Percuma kita bikin regulasi apapun tentang tayangan, tentang bahaya dan lain-lain, kalau orang tuanya sendiri abai dan tidak menghiraukannya” papar Netty.

Sementara itu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar Dedeh Fardiah yang menjadi narasumber kedua menjelaskan, KPI akan terus memantau dan memberikan teguran terhadap lembaga pengiaran yang melanggar pedoman dan perilaku siaran.

“Di P2SPS yang menjadi panduan siaran itu sudah diatur jelas tentang tayangan yang boleh dan tidak boleh. Jika saja lembaga penyiaran itu tunduk dan patuh pada P2SPS, tidak akan ada tayangan yang dampaknya negatif” jelas Dedeh. (Pun)

 

sumber: http://jabarprov.go.id/index.php/news/20095/2016/11/21/Netty-Cegah-Dampak-Tayangan-Kekerasan-Media-Terhadap-Anak

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *