P2TP2A JABAR GOES TO CAMPUS

Kegiatan P2TP2A
goes to campus UNLA

“KENALI HUMAN TRAFFIKING DAN KDRT SEJAK DINI”

BAGI  KALANGAN  MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI JAWA BARAT

Permasalahan KDRT dan Human Traffiking di Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu problem krusial yang mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Berdasarkan data kasus yang ditangani Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat pada tahun 2010-2012  telah menangani 354  kasus yang terdiri dari kasus trafiking 197, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) 92, Kekerasan pada Anak, dan kekerasan dalam Pergaulan, dan lain-lain 51 kasus.

Beragam upaya yang telah dilakukan oleh P2TP2A Jawa Barat secara preventif guna meminimalisir jumlah korban KDRT dan human trafficking diantaranya adalah sosialisasi yang dilakukan secara intensif baik itu secara langsung maupun melalui media massa. Sosialisasi secara langsung telah dilakukan ke 26 kota/kabupaten di provinsi Jawa Barat dengan target sasaran organisasi masyarakat. Selain itu sosialisasi dilakukan pula melalui media massa lokal diantaranya melalui televisi lokal, radio lokal, media cetak serta on line melalui penyebaran informasi, program iklan layanan masyarakat, talkshow, publisitas pemberitaan dan lain-lain.

Berdasarkan evaluasi kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan oleh P2TP2A Jawa Barat prosentasi kegiatan yang melibatkan kalangan generasi muda masih relatif sedikit dibandingkan dengan masyarakat umum. Oleh karena itu pada program kegiatan tahun 2012 target sasaran akan membidik kalangan generasi muda yakni mahasiswa perguruan tinggi di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat.

Hal ini penting karena mahasiswa selalu menjadi bagian dari perjalanan sebuah bangsa. Roda sejarah demokrasi selalu menyertakan mahasiswa sebagai pelopor, penggerak, bahkan sebagai pengambil keputusan. Hal ini terjadi karena mahasiswa memiliki fungsi yang strategis yaitu sebagai penyampai kebenaran (agent of social control), agen perubahan (agent of change), dan sebagai generasi penerus bangsa (iron stock). Melihat fungsi strategis mahasiswa tersebut, maka mahasiswa juga memiliki tantangan dan kewajiban untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada, terutama terkait permasalahan KDRT dan perdagangan manusia.

A.                Tujuan

Kegiatan “P2TP2A Jabar Goes to Campus”  ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kepedulian sejak dini tentang  Human Traffiking dan KDRT pada kalangan generasi muda sebagai kader dan agen pembaharu guna meminimalisir indikasi-indikasi Human Traffiking dan KDRT di Jawa Barat.

B.                 Target Sasaran

BEM Mahasiswa Perguruan Tinggi di beberapa titik di Jawa Barat

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Artikel lainnya berdasarkan Tags

One thought on “P2TP2A JABAR GOES TO CAMPUS”

  1. Assalamu’alaikum,
    Saya Ika Kartikawati, dari Akper Pemkab Subang, bermaksud mengundang P2TP2A Jawa Barat / Bandung dalam rangka Seminar Kesehatan untuk memperingati Dies Natalis XVII Akper Pemkab Subang yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-21 Juni 2013.
    Mohon informasi, prosedur yang harus saya lalui seperti apa? Serta contact person yang dapat saya hubungi siapa?
    Terima kasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *