Waspadai Trafficking di Dunia Kerja

Berita P2TP2A, Kegiatan P2TP2A

Bandung, Kamis (21/11) – Penipuan dapat terjadi di mana saja dan kepada siapa saja tanpa bisa diduga. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat pada Selasa-Rabu (19-20) menyelenggarakan ‘Sosialisasi Jabar Mengembara dan Informasi Peluang Kerja 2013’ bertempat di Senbik, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Kegiatan tersebut diikuti oleh para pencari kerja dan diisi pembekalan-pembekalan informasi terkait dunia kerja oleh beberapa pembicara dari berbagai lembaga.

Kepala Disnakertrans, Hening Widiatmiko dalam kunjungannya mengatakan, pihaknya berharap agar pemahaman mengenai peluang kerja tidak hanya terpaku pada peluang di dalam negeri, namun juga di luar negeri bahkan di luar provinsi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak), Yeni Huriyani juga memberikan materi yang bertema waspada adanya human trafficking.

Hati-hati dalam Memilih Pekerjaan

Menurut Wakil Ketua P2TP2A Jawa Barat, Yeni Huriyani, banyak pemuda Jawa barat mudah untuk di iming-imingi.mendapatkan penghasilan yang besar. Sehingga banyak sekali yang terkena tipu oleh orang-orang yang mengatasnamakan suatu lembaga.

“Sekarang banyak remaja yang mudah untuk diiming-imingi mendapatkan penghasilan yang besar dengan bekerja di dalam maupun luar negeri. Maka harus berhati-hati dalam memilih pekerjaan yang akan diterima dan lembaga penyalur tenaga kerjanya,” ucapnya.

Disnakertrans Provinsi Jawa Barat selaku penyelenggara bermaksud memberikan pemahaman kualitas dan produktivitas calon tenaga kerja asal Jawa Barat baik ke luar daerah maupun ke luar negeri serta prosedur penempatan kerja yang benar. Wakil ketua P2TP2A menerangkan dalam pengarahannya, banyak terjadi human trafficking terkait dengan penyaluran tenaga kerja, bermula dengan menawarkan pekerjaan dengan upah yang besar namun berujung kepada tempat lokalisasi. Hal tersebut melalui proses pemindahan, perekrutan, penahanan/ penyekapan dengan salah satu caranya adalah penipuan.

“Jika teman-teman semua melihat, mengalami atau menemukan, kalian bisa datang ke kantor saya untuk sharing atau melaporkan kejadian tersebut,” tambahnya

Selain sosialisasi melalui pengarahan dari pembicara, kegiatan Jabar Mengembara ini memiliki stand-stand yang memberikan informasi mengenai peluang kerja tahun 2013 ini. beberapa diantaranya adalah stand P2TP2A, Polda Jabar, Kantor Imigrasi, pusat pelatihan bahasa dan lain sebagainya. (Teks Oleh: EJY)

 

Artikel lainnya berdasarkan Kategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *